My Ideal Japanese Winter Vacation: Dari Doraemon Hingga Yuzawa

Hi dear friends! Kali ini aku membuat post mengenai negara yang sangaaat ingin aku datangi: Jepang. Negerinya Sakura, Gunung Fuji, Onsen, Doraemon, dll.

Pertama kali aku mengenal Jepang mungkin lewat Doraemon, kira-kira zamanku masih SD. Udah jauh banget yaa..hehe. Aku suka membayangkan ilustrasi di komik gimana dengan aslinya di Jepang, terutama rumah-rumahnya. Jepang nggak punya lahan yang luas, sehingga rumah-rumahnya dibuat model susun, pintu geser atau shōji nya yang khas.

Japanese traditional home

Dan sewaktuku SD, saat pelajaran bahasa Jepang, sekolahku sering kedatangan turis Jepang yang ikut menemani kita belajar, nggak cuma sekali-dua kali.. Dan kesanku tentang orang Jepang itu, mereka ramah dan antusias untuk mengenal orang baru. Mereka juga khas banget dengan “peace sign” jari tengah dan telunjuknya.

Peace! ^^v

Makanan di Jepang itu ruarrr biasa. Nggak bakal kehabisan dicobain. Banyak cemilan di Jepang yg punya rasa unik, misalnya es krim sakura, kit-kat greentea, sakura, dan macem2 rasa lainnya.

Penasaran banget sama es krim sakura ini :’)

Nobody would reject kitkat!!

Dan makanan mereka itu instagram-able sekali..

Dan bicara soal musim, Jepang memiliki 4 musim: musim semi, panas, gugur dan dingin.

 Suhu di Jepang secara umum pada musim dingin berkisar antara -4 to 7 °C, tergantung wilayah yang kamu datangi berada lebih Utara atau memang di pegunungan, misalkan saja Hokkaido. Musim dingin di Jepang dimulai sekitar bulan Desember hingga pertengahan Maret. Dan musim dingin alias winter di Japan itu cantik sekali..

winter in Shirakawago village in Gifu Japan a UNESCO World Heritage Site

Desa Shirakawago, yang dikukuhkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO

Plus, winter di Jepang menawarkan pengalaman-pengalaman unik dan berbeda dari musim lainnya.

1. Mengunjungi rusa liar di kuil Todai-ji, Nara

deerattack.jpg

Rusa di kuil ini dilepas bebas dan siap “menyeruduk” alias meminta makanan pada pengunjung. Pedagang lokal menyediakan “Bambi cookies” yang dijual ke pengunjung yang ingin memberi makan rusa.

2. Snow Monkey Park (Jigokudani Yaen-koen)

snow monkeys in winter in jigokudani nagano japan

Tahu onsen? Kalau monyet pasti tahu dong? Nah, disini kita dapatkan gabungan unik keduanya: monyet dan onsen! Yap, di musim dingin, monyet yang biasanya kita lihat bergelantungan di pohon malah menghangatkan diri di onsen. Fotogenik sekali, buat kalian yang demen jeprat jepret alias fotografi dan penyayang binatang, tempat ini bakal asik banget buat dikunjungi. Perjalanan menuju Snow Monkey Park ini juga nggak kalah cantik loh

winter at the snow monkey park jigokudani, nagano japan

Ceritanya on the way Snow Monkey Park

3. Sapporo Snow Festival (Yuki Matsuri)

Makin cantik di malam hari

4. Wonderful Winter Foods

Musim dingin merupakan musim puncaknya ikan fugu atau blowfish. Ikan ini beracun sekali sehingga perlu pengolahan khusus, dan chef yang memasaknya juga mesti memiliki izin khusus. Racun yang ada di ikan ini sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian mendadak. Setiap jenis ikan Fugu memiliki bagian tubuh beracun yang berbeda, sehingga pengetahuan ini wajib dimiliki oleh setiap koki dari restoran dengan hidangan Fugu, sehingga hanya para koki yang memilki izin bisa mengolah dan menyajikannya.  Hidangan ikan fugu untuk satu porsinya dapat berkisar antara US$100-200. Tora Fugu dikenal sebagai yang paling enak dagingnya. Fugu paling cocok dinikmati pada musim dingin karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Fugu, musim dingin harganya bisa selangit

Selama musim dingin, cuaca di Jepang sangat dingin terutama di Jepang bagian Utara. Namun, musim dingin di Jepang juga memiliki sesuatu yang menarik, Hokkaido King Crab, yang merupakan menu mewah favorit bagi masyarakat Jepang selama festival tahun baru. King Crab dapat ditangkap dari bulan Oktober hingga Januari, dan banyak ditemukan di daerah Alaska. Ada 3 ras King Crab, yaitu Red King Crab, Blue King Crab dan Brown King Crab (Golden King Crab). Di Jepang hanya Red King Crab (タラバガニ, TarabaGani ) dan Blue King Crab (アブラガニ, AburaGani ) yang banyak disukai.

Taraba-gani

5. Skiing dan Snowboarding

Ada lebih dari 500 resort ski di Jepang, yang bervariasi mulai dari ukuran dari resor kecil hingga besar. Resor terbaik dengan kondisi salju yang banyak, dapat ditemukan di Jepang utara (Hokkaido dan Tohoku) dan di pegunungan sepanjang Laut Jepang Coast (terutama Niigata dan Nagano). Bagi mereka yang tertarik dengan olahraga salju seperti bermain ski atau snowboard, kebanyakan resor memiliki zona bermain yang dirancang untuk keluarga dengan anak-anak kecil. Diantaranya yang terkenal; ada Niseko, Shiga Kogen, Hakuba, Yuzawa dan Karuizawa.

Niseko, paling populer oleh wisatawan asing, terutama Inggris. Pemandangan salju yang fantastic dilihat dari Mt. Yotei membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang sangat populer.

Diantara kelima daerah tersebut, bagi kalian yang berkunjung ke Jepang dan memiliki itinerary lain untuk dikunjungi, Yuzawa merupakan kota ski yang paling nyaman untuk perjalanan sehari dari daerah Tokyo. Yuzawa memiliki lebih dari 20 resor ski, dan hampir kesemuanya dapat diakses oleh transportasi umum.

yuzawa

Yuzawa, paling dekat dengan Tokyo dan paling pas buat kalian yang menganggarkan waktu hanya sehari untuk snowboarding

Wewwwr~ Rasanya udah nggak sabar pengen beneran liburan musim dingin di Jepang yah hehe. Buat kalian yang sedang travel, tentunya penting banget untuk yang namanya menghemat waktu perjalanan (nggak kebanyakan ganti transportasi, transit, dll. supaya praktis) dan yang nggak kalah penting, menghemat budget (semisal memanfaatkan promo buy 1 get 1 free :3), this one is hard to miss guys.. :’)

Yep! You’re stepping on the right URL!

GALA YUZAWA merupakan ski resort di Jepang yang bisa dicapai hanya 77 menit menggunakan Shinkansen dari Tokyo tanpa perlu ganti kereta, dan saat ini mereka sedang mengadakan promo Buy 1 Get 1 Free. Snow wonderland ini bisa kamu nikmati seharian dengan mudah, dan merupakan satu-satunya ski resort yang langsung terkoneksi dengan Shinkansen. Psst.. promo hanya untuk periode booking 10 Januari sampai 28 Februari loh 😉

Buy 1 Get 1 Free! :D

Dan pricelistnya bisa dilihat di poster mereka di bawah ini ya guys. Mereka menawarkan 4 paket berbeda yang bisa disesuaikan dengan budget dan jadwal liburanmu di Jepang.
Gala Yuzawa Pricelist

One basic and absolute thing that travelers often struggle is transportation. Naik apa, transit dimana, kalo nyasar gimana, dll. Nah, supaya liburan musim dinginmu di Jepang lancar, dan tentunya nggak melewatkan kesempatan main ski, Gala Yuzawa ini itinerary yang sayang buat kamu lewatkan.Booking Gala Yuzawa

Tertarik? Yuk divisit-visit guys 😀
Website resmi:          http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Facebook page:       https://www.facebook.com/id.jprail

Buat kamu yang pengen liburan ke Jepang plus merasakan pengalaman main ski di Gala Yuzawa..you gotta join this! 😀winterjapancompetitionJR East bekerjasama dengan Tokyo Rail Days dan BBlog mengadakan kompetisi blogging, dimana kamu bisa memenangkan Liburan ke Jepang bersama pasangan dannnn.. banyak hadiah menarik lainnya loh! 😀

Info lengkap ::

Wish me luck guysssss!

PS:
All pictures used in this post aren’t mine. Click the images for following the links.


berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [4]
JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

Advertisements

One thought on “My Ideal Japanese Winter Vacation: Dari Doraemon Hingga Yuzawa

  1. liat doraemon selalu membawa saya ke masa2 saya kecil dulu. selalu sudah stand by pagi2 depan tv buat nonton doraemon, beli komik2nya, bahkan saya punya dvd nya sampai sekarang. :’

    Salam kenal 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s