[Macau] Pertamakali lancong ke Macau? Baca ini!

Berkunjung ke Macau ibaratnya mengunjungi benua Eropa dalam Asia. Macau yang dulunya bekas jajahan bangsa Portugis di awal abad ke-16, melahirkan fusion antara budaya Eropa dan Cina, dari arsitektur, budaya lokal hingga kulinernya. Berhubung saya belum pernah mengunjungi Macau (dan SANGAT berharap bisa segera lancong kesana), post ini dibuat untuk mengenalkan Macau kepada saya dan pembaca semua, dimana tulisan ini dibuat dengan dikumpulkan dari cerita-cerita travel di blog orang, travel agency, dan lainnya, dan kalau ada yang kurang, bisa ditambahin di kolom komentar 🙂

Secara geografis, Macau dibagi menjadi dua bagian: Macau Peninsula dan Taipa Island/Cotai/Coloane Island. Dengan pesawat udara, Macau International Airport berlokasi di ujung timur Taipa Island.

Macau dalam peta yang sangat simple ini. Diambil dari eatandtravelwithus.com

Salah dua attraction yang terdapat di Macau Peninsula adalah Senado Square dan Ruins of St. Paul’s. Senado Square atau Largo do Senado adalah sebuah kawasan tempat warga setempat dan wisatawan berkumpul. Di Indonesia, tempat semacam ini disebut dengan alun-alun.

Senado Square – tempat nongkrong dan jalan-jalan, ibaratnya alun-alun

Kawasan seluas 3.700 meter persegi ini pada tahun 2005 resmi masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO karena merupakan bagian dari pusat sejarah Makau. Selain pertokoan, disini juga terdapat Gereja St. Dominic. Di Senado Square ada pemandangan unik yang bisa Anda lihat di pagi hari, yakni antrean orang untuk mendapatkan koran gratis. Mereka dengan sabar berjajar untuk menerima surat kabar secara cuma-cuma agar bisa menikmati kabar seputar Makau dan kejadian penting lainnya di dunia.

Ruins of St. Paul’s

Berkat demikian lamanya keberadaan Portugis, Macau memiliki gabungan yang unik antara kebudayaan Portugis dan Cina. Akan banyak arsitektur Prancis yang kita temui di Macau, demikian juga restoran dan makanan ala Portugis. Tanda petunjuk jalan juga disertai keterangan dalam bahasa Portugis. Misalnya; Rua do Cunha, akan disertai title Portugis Ruínas de São Paulo (Portuguese for Ruins of St. Paul’s).

Kebanyakan hotel di Macau menyediakan free shuttle service, jangan lupa untuk cek ricek saat booking hotel ya 😀

Untuk kuliner, salah dua yang terkenal adalah Tai Lei Loi Kei dan Lord Stow’s Bakery egg tarts.

Tai Lei Loi Kei atau Pork Chop Bun.. alias sandwich dengan daging babi.

Macau Egg Tart

Untuk yang masih penasaran tentang turisme di Macau, bisa bertanya ke forum terbuka di sosmed yang MGTO (Macau Government Tourist Office) miliki.

MGTO twitter

MGTO fbSekalian yuk, aminkan, semoga kita semua segera berkunjung ke negeri yang satu ini. Kemanapun tujuannya, yang berharga adalah perjalanannya. Macau 2014, amiinnn!! 😀

Advertisements

One thought on “[Macau] Pertamakali lancong ke Macau? Baca ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s