Beetnana Pancakes

Sebenarnya selalu sangsi buat post tanpa foto karena jadinya pasti kurang meyakinkan dan menarik huhuhu jadi post ini kubuat saja dulu dan fotonya menyusul yaa 😀

Jadi beberapa hari lalu beli beetroot di pasar badung dan 5000 rupiah dapet buah buah ukuran sedang *notsure* karena pertamakali coba berkreasi dengan beetroot, excited jadinya, tapi saat diolah, baunya.. hm kuklasifikasikan sebagai bau kentut alias tidak enak 😦 Umbiiiii sekaliiii.. bisa dibayangkan baunya kayak umbi2 mentah begitu. Sempat kubuat jus dengan buah lain, kurang enak ya. Warnanya sih cantik menarik, untuk rasa mungkin perlu campuran yang tepat. Jadi beetnana pancakes ini kombinasi beetroot dan pisang, pisang biar pemakaian terigu dan gulanya bisa dikurangi, disamping memang wangi kalau pancakenya dimasak, duh asiknya.

BEETNANA PANCAKE

Bahan:
Beetroot ukuran sedang (pakai 1/4 buah sudah cukup, diblender dengan air matang, dikira2 aja untuk jumlahnya)
Pisang ambon 1 buah
Gula pasir 5 sdt
Tepung terigu (pakai perkiraan, supaya kentalnya pas)
Blue band (kira2 1/4 sdm, dilelehkan, gunakan teflon)
Telur ayam (1 butir)
Susu cair

Alat:
Mangkok (yg cukup besar)
Mixer
Teflon
Sendok makan

Cara membuat:
1. Kocok telur menggunakan mixer kecepatan sedang dalam mangkok, sampai mengembang tapi tidak kaku, warna masih kekuningan
2. Masukkan gula pasir, campurkan
3. Potong2 kecil pisangnya, masukkan. Lanjut terigu lalu jus beetrootnya. Untuk beetroot ini aku masukkan sedikit2 dengan sendok makan, untuk pertama coba 5 sdm. Ratakan
4. Masukkan susu cair, sedikit2. Kekentalannya gimana? Kalau terlalu cair, masukkan terigu lagi, sedikit aja. Sekarang tinggal atur2 di jus beetroot-susu-terigu aja.
5. Adonan done? Sekarang gunakan teflon yang tadi, setel api kecil, biar mateng dan nggak cepet gosong. Agak lama sih kalau di aku, bisa ditinggal sambil nyiapin bahan jus ._. Untuk 1 buah pancake aku pakai 1 sendok sayur adonan. Kalau sisi atas sudah kering sampai ke sentral lingkaran, udah cukup bisa dibalik.

Dan jadilah pancake rasa pisang dengan warna yang eksotisss. Lumayan banyak deh jadinya, sekitar 4 ukuran kecil dan 1 besar, keluarga di rumah dapet nyoba semua dan bisa dibawa ke kampus, katanya enak loh. Thanks pisang selalu mengenakkan olah2an saya
Pancake diatas disetel untuk lidah yang tidak terlalu suka manis-manis btw hahaha. Selamat mencoba :p

Note: Ingat kupas beetrootnya! Pisangnya juga!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s